Tuesday, September 19, 2023

Melihat keberadaan Paman (Uda=Adik Ayah. Uwak=Abang Ayah) Nabi Muhammad Saw di masa Rasulullah

 Melihat keberadaan Paman (Uda=Adik Ayah. Uwak=Abang Ayah) Nabi Muhammad Saw di masa Rasulullah 



*Hamzah bin Abdul Muthalib


Hamzah bin Abdul Muthalib adalah paman, sekaligus saudara sepersusuan Nabi Muhammad ﷺ. Hamzah memiliki julukan "Singa Allah" (أسد الله asadullah) karena kepahlawanannya saat membela Islam.


Hamzah lahir diperkirakan hampir bersamaan dengan Nabi Muhammadﷺ. Ia merupakan anak dari Sayyidina Abdul-Muththalib dan Haulah binti Wuhaib dari Bani Zuhrah. Menurut riwayat, pernikahan Abdul-Muththalib dan Sayyidina Abdullah bin Abdul-Muththalib terjadi bersamaan waktunya, dan ibu dari Nabi, Sayyidah Aminah binti Wahab, adalah saudara sepupu dari Haulah binti Wuhaib Sayyidina Hamzah mempunyai otak yang cerdas dan pendirian yang kuat, dia termasuk tokoh Quraisy yang disegani.


Dia memeluk Islam pada tahun keenam kenabian (tahun 7 sebelum hijrah). Ia ikut hijrah bersama Rasulullah dan ikut dalam perang Badar. Nabi Muhammad ﷺ menjulukinya “Asadullah” (Singa Allah) dan menamainya sebagai “Sayidus Syuhada” kematian Hamzah ini pun sangat membuat rasulullah sangat sangat terpukul dan menangis sejadi jadinya. 


Muhammad sangat meratapi kematian Hamzah hingga menimbulkan kecemburuan dari Allah SWT. Allah kemudian menyampaikan Firmannya " wahai muhammad, janganlah kamu meratapi kematian seseorang karena aku lebih mengetahui sesuatu hal daripada kamu,janganlah sampai cintamu pada manusia melebihi cintamu kepadaku karena sesungguhnya cintamu hanya milikku". Firman Allah ini dicatat oleh imam syafii dalam kitabnya.



*Abbas bin Abdul Muthalib


Abbas bin Abdul Muthalib (bahasa Arab: العباس بن عبد المطلب) (lahir 566 – meninggal 653) adalah paman dan sahabat dari Nabi Islam Muhammad. Keturunan dari Abbas kelak akan menjadi golongan khalifah yang dikenal dengan nama Bani Abbasiyah yang pernah berkuasa di Baghdad.



*Abu Lahab bin 'Abdul Muttalib


.Abu Lahab bin 'Abdul Muttalib (Bahasa Arab: أبو لهب‎) (meninggal 624) adalah paman Nabi Muhammad yang terkenal akan kebenciannya terhadap ajaran Islam. Namanya disebut dalam Al-Qur'an Surah Al-Lahab yang merupakan pengutukkan atasnya sebagai salah satu musuh Islam.


*Abū Ṭālib ibn ‘Abdul Muṭṭalib


Abū Ṭālib ibn ‘Abdul Muṭṭalib (bahasa Arab: ابو طالب بن عبد المطلب; lahir di Mekkah, Arabia, ca. 539 – meninggal di Mekkah, ca. 619) adalah ayah dari Ali bin Abi Thalib serta paman dari Nabi Muhammad. Nama aslinya adalah Abdul Manaf (عبد اﻠمناف), tetapi ia lebih dikenal dengan julukan Abu Thalib, yang artinya bapaknya Thalib.


Sebagai pemimpin Bani Hasyim setelah kematian ayahnya, Abdul-Muththalib, ia menjadi pengasuh Nabi Muhammad dan kemudian pendukung utama dalam berdakwah. Ia menikah dengan Fatimah binti Asad dan memiliki 6 orang anak.


*Al-Harits bin Abdul-Muththalib


Al-Harits bin Abdul-Muththalib (Arab: الحارث بن عبد المطلب) adalah anak tertua dari Syaibah bin Hâsyim dan juga paman dari Muhammad yang meninggal dunia sebelum masa kenabian Muhammad.

____

Cat : Wikipedia 


No comments:

Post a Comment