Monday, April 29, 2013

"N-A-S-H-E-E-D / N-A-S-Y-I-D"

#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Melihat Perkembangan Nasyid Arab, Indonesia,
Sumatra Utara dan Tapanuli Selatan) ___________________________________________________________



Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!

Berikut irama nasyid pembukanya para kawan...!

 

Nasyid ini  berjudul "Pujan Pada Orang Asing". Dan deskripsinya mengatakan :
Mintalah Tuhan Yang Maha Kuasa, Tuhan dengan takhta Mahakuasa untuk
Ihherna yang si dia pada hari kiamat, dan dengan semua martir di surga
puncak murah hati sarang .... atau mati sebagai martir (Terjemahan google).

Pemahaman penulis, mintalah sama Tuhan yang Maha Kuasa, Tuhan yang
menguasai hari kiamat, agar bila mati, maka matilah sebagai suhada hingga
bisa masuk surga. (ya hanya pemahaman-pen)

Berikut tambahan  pengetahuan mengenai nasyid para kawan :
______________________

Pengertian Nasyid
______________________

Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara.
Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan
mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji
Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan
secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode
ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang
penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.
__________________________

Nasyid di Arab
__________________________

Nasyid berasal dari bahasa Arab yang berarti senandung.
Kata ini mengalami penyempitan makna dari senandung secara
umum, menjadi senandung yang bernafaskan Islam. Nasyid
dipercaya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad.Syair
thola'al badru 'alaina (yang artinya telah muncul
rembulan di tengah kami)yang kini kerap dinyanyikan
oleh tim qosidah dan majelis ta'lim, adalah syair
yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut
kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali
hijrah ke Madinah.

Berikut nasyidnya :


Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan
kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang
banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan
terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi
oleh situasi politik yang ada saat itu.
________________________________

Nasyid di Indonesia
________________________________

Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an.
Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-
aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus
pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-
syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan
adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang
semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad). Biasanya
nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari
besar umat Islam.

Berikut video pendukungnya :




Dan tentunya masih banyak video musik lainnya.
_________________________________

Nasyid di Sumatra Utara
_________________________________

Para kawan...!

Provinsi Sumatra Utara juga cukup sering mengadakan lomba
Nasyid. Baik dalam pertandingan antara kelurahan maupun
antara kecamatan.

Lewat situs http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=9666
dikatakan :

MEDAN- Perlombaan nasyid yang digelar di Ramadan Fair
dimenangkan oleh Kecamatan Medan Arean untuk nasyid
putra dan Kecamatan Medan Tembung untuk nasyid putri.

Para pemenang ini mendapatkan penghargaan dan santunan.
Para pemenang ini antara lain, nasyid putra harapan 3
asal Kecamatan Medan Belawan Harapan 2 kecamatan Medan
Timur Harapan 1 kecamatan Medan Labuhan. Sedangkan untuk
pemenang ke tiga diraih oleh Kecamatan Medan Deli dan
urutan kedua Kecamatan Medan Polonia. Untuk juara 1
lomba nasyid ini dimenangkan oleh Kecamatan Medan Area
dengan perolehan nilai 530 poin.

Berikut Video pendukungnya :




Dan tentunya masih banyak video musik lainnya.
_____________________________________________________

Nasyid di (Tapseljo) Tapanuli Selatan Najolo
_____________________________________________________



Para kawan...!

Seingat saya, nasyid di Tapanuli Selatan sudah ada sejak
awal tahun 80-an, dimana nasyid memang sedang berkembang
di Indonesia. Karena itu penulis tidak merasa heran jika
di Tapanuli Selatan telah pernah mengadakan perlombaan
nasyid sampai 20 x yang tentunya dalam 20 tahun terakhir.

Pada perlombaan nasyid Buapati Mandiling Natal memberikan
pendapatnya :

"Panyabungan. Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Hidayat
Batubara menilai, nasyid merupakan salah satu seni budaya
yang berperan memberi kontribusi, sekaligus memiliki pesan
moral relegius.
Bupati Madina HM Hidayat Batubara SE menyampaikan hal itu
pada pembukaan festival Nasyid se Kabupaten Madina di
lapangan bola Kelurahan Simpang Gambir, Kecamatan Lingga
bayu, Selasa (23/4) malam.

Dikatakan Bupati, festival Nasyid merupakan agenda rutin
yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan agenda
nasional sebagai upaya mengembangkan kesenian Islam di
masyarakat.
"Kesenian Nasyid salah satu kesenian budaya Islam yang
ada seiring dengan perkembangan peradaban ummat Islam,
dan diharapkan menjadi seni yang diminati dan disukai
generasi muda,” katanya.

Diungkapkan Bupati, lantunan kata dalam Nasyid dapat
memberikan sentuhan untuk menggugah nurani serta
memberikan semangat  kepada kelompok maupun masyarakat.
"Saya sangat berkeinginan seni Nasyid perlu dikembang
lebih luas dan berkesinambungan, mengingat masyarakat
Madina mempunyai potensi di bidang lagu-lagu agama,”
katany." demikian disajikan dalam salah satu situs
berita.



Sedangkan Bupati Tapanuli Selatan, dalam Perlombaan Nasyid
antara ibu-ibu anggota pengajian se Tapseljo mengatakan :

"Pertandingan Nasyid ini adalah sebagai ajang refresing
bagi kaum ibu, karena selama ini ibu-ibu di daerah kita
ini sangat ulet dan tangguh bekerja membantu suami, jadi
apalah salahnya saat hari jadi PDM ada porsi hiburan bagi
kaum ibu", kata  H. Jafar Syahbuddin Ritonga SE, MBA,
Ketua Umum Yayasan Haji Ihutan Rintonga (Yaspenhir)
pengelola PDM".

Selanjutnya dikatakan :

Pertandingan Nasyid kali ini berbeda dari tahun-tahun
sebelumnya yang hanya mempertandingkan grup-grup nasyid
satu Kabupaten Tapanuli Selatan saja, namun sekarang
mencakup  Tabagsel  :  Kabupaten Tapanuli Selatan,
Kabupaten Padang Lawas Utara,  Kabupaten Padang Lawas
Selatan,  Kota Padang Sidempuan  dan  Kabupaten Mandailing
Natal.
_____________________________________________

Beda Nasyid Arab dengan Nasyid Indonesia
_____________________________________________

Para kawan...! Dari hasil menyimak dan mendengar beberapa
tulisan dan video nasyid pun uraian diatas, penulis blog
berpendapat :

1. Nyaris semua video musik dari arab, syair nasheednya
tidaklah di iringi musik.

2. Nasheed arab pada umumnya dinyayikan oleh lakilaki
(Tidak penulis temukan penyanyi wanita)

3. Nasyid Indonesia bisa dinyanyikan pria dan wanita

3. Nasyid Indonesia pada umumnya di iringi musik. Begitupun
ada juga yang tanpa dukungan musik.

4. Nasyid ini untuk sebagian orang ada juga menyebutnya
qasidah. Hal ini disebabkan fungsi dari keduanya hampir
sama.



Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!
____________________________________________________
Cat sumber :
http://www.darulmursyid.com/BMM120401.html
http://nasheedkita.blogspot.com/2012/05/festival-nasyid-darul-mursyid-cup-vi-se.html
http://www.hariansumutpos.com/arsip/?p=9666

Saturday, April 27, 2013

15 Video Ust. Jefri Al Buchari (Seputar Kegiatan Keagamaan dan Berita Duka)


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN
(Menyimak otobiografi Ust Jefri lewat tayangan video)
________________________________________________________

Berikut Qasidah Salawat cinta dari Ustadz Jefri













Para kawan mohon ijin kasih info seputar Ust. Jefri lewat
Galeri MSAD ini :

Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!
_____________________________________________

Sekilas (Otobiografi) tentang Ust. Jefri
_____________________________________________



_________________________

Kegiatan Keagamaan
_________________________

1. Salah satu kegiatan Pengajian



2. Salah satu lagu salawat



3. Salah satu ceramah di stasiun TV



4. Salah satu album



______________

Isyarat Duka
_______________

1. Oleh Stasiun TV



2. Oleh Ust. Somed


____________________

Berita Duka Cita
____________________

* Terjadi Kecelakaan



* Persiapan di rumah duka mau di sholatkan di Masjid Istiqlal Jakarta



* Persiapan di masjid istiqlal untuk mensholatkan



* Suasana tiba di Masjid Istiqlal



* Suasana Sholat Jenajah



* Persiapan Pemakaman di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Tengsin



* Hal Pemakaman



__________

Tahlilan
__________

1. Hari Pertama



_____________

Penutup
_____________



Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh


________________________________________________________
Cat :

Thursday, April 25, 2013

"Anak Funk Tapanuli Selatan, Medan dan Bogor"


#SELAMAT MALAM PARA KAUM MUSLIMIN MUSLIMAT#
(Menyimak keberadaan anak funk di Tapanuli Selatan,
Medan dan Bogor dalam hubungannya dengan ajaran islam)
________________________________________________________________

Wassalamu'alaikumwarahmatu llahiwabarakatuh....!

"Hak azasi manisia adalah hak dari setiap orang untuk melakukan
apa saja yang mau dilakukannya di dunia ini". Demikian pemahaman
penulis mengenai hak azasi para kawan.

Pemahaman keduanya :

"Hak azasi manisia adalah salah satu hak munusia untuk membatasi
hak dari musia lainnya dalam melaksanakan haknya".

Adapun yang ketiga :

"Karena semua manusia punya hak, maka diharuskanlah manusia itu
saling mengharagai lewat penciptaan nilai-nilai atau norm-norma
yang telah sama-sama disepakati oleh angota masyarakatnya.

Para  kawan ...!

Anak funk itu punya hak untuk berpakaian seperti ciri khasnya
dan untuk membentuk / merobah / menambah atau mengurangi anggota
tubuhnya seperti yang di inginkannya.

Tapi, "Bagaimana hal ini ditinjau dalam agama islam dan bagaimana
pula keberadaan anak-anak funk di Tapanuli Selatan" adalah hal
pokok yang menjadi isi dari tulisan ini.

Semoga info memberi manfaat dan selamat menyimak...!
___________________

Sekilas anak Funk
___________________

* Awal lahirnya :

"Punk merupakan sub-budaya
yang lahir di London, Inggris.
Pada awalnya, kelompok punk
selalu dikacaukan oleh golongan
skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an,
saat punk merajalela di Amerika,
golongan punk dan skinhead seolah-
olah menyatu, karena mempunyai
semangat yang sama" Demikian
disebutkan pada wikipedia.

* Funk dalam perkembangannya :

Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir pada
awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup
yang mencakup aspek sosial dan politik.

* Funk sebagai aliran musik di Amerika :

Gerakan anak muda yang diawali oleh anak-anak kelas pekerja ini
dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi
dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para
tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan
kriminalitas yang tinggi. Punk berusaha menyindir para
penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan
musik dan lirik yang sederhana namun kadang-kadang kasar,
beat yang cepat dan menghentak.

* Funk di Inggiris Sebagai Perusuh

Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan
perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan
lem berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh
mereka. Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak
dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan
berbagai tindak kriminal.

* Ciri-ciri anak funk :

Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah
laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk
ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai
dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan
spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang
lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan
kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga
banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti
itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.
__________________________________________________________

Anak Funk di Tapanuli Selatan, Medan dan Bogor dan Bogor
__________________________________________________________

Para kawan...!

1. Funk di Tapanuli Selatan

Dari hasil pengamatan, penulis tidak
pernah mendengar ada kelompok anak
Funk di Tapanuli Selatan, dan hal
inipun sudah penulis cari datanya lewat
dunia maya ini, tapi tetap tidak
ditemukan. Begitu juga lewat
pengamatan-pengamatan status      
dalam FB, penulis tidak pernah
menemukannya.

Dan terhadap hal ini ingin rasanya penulis blog lewat  Galeri
MSAD ini berkata :









2. Anak Funk di Medan

Hahaha...namanya Medan apa yang tak ada, begitulah salah satu
damfak negatif dari suatu kota besar. Pada situs "Antara
Sumut" portalnya orang Sumatra disebutkan :

Medan, 17/1 (ANTARA) – Pemerintah kota Medan, Provinsi Sumatera
Utara diminta agar menertibkan kelompok anak punk yang terus
membanjir di daerah itu dan keberadaan mereka tidak hanya
meresahkan masyarakat, tetapi juga mengurangi keindahan kota.

“Gerombolan anak punk di sejumlah lampu merah dan di pinggiran
jalan di Kota Medan, membuat pengemudi mobil, penumpang becak
bermotor dan mobil angkutan kota (Angkot) tidak nyaman,”
kata salah seorang warga Medan Hamid (54) di Medan, Selasa.

Kedatangan atau “membanjirnya” terus anak punk kota Medan
berpenduduk 2,6 juta jiwa itu, menurut dia, tidak hanya
menjadi beban bagi Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong
Praja (Satpol-PP) Kota Medan, tetapi juga masyarakat pengguna
jalan raya.

Terhadap hal ini tentunya kita semua menjadi turut prihatin,
karena kehadiran mereka ternyata tidak memberikan rasa
nyaman bagi masyarakat Medan.

Harapan penulis, kiranya dari sekian banyak anak funk ini
tidak usahlah ada yang bersuku batak. Karena gaya dan cara
hidup mereka sungguh bertentangan dengan nilai-nilai
habatakon, khususnya yang berhu bungan dengan "Poda Nalima".

3. Anak Funk di Bogor

Para kawan...!

Penulis sampai saat tulisan ini diposting masih tetap
tinggal di Bogor. Dan dari hasil pengamatan jumlah anak
Funk ini sungguh sangat banyak bukan hanya ratusan
bahkan ribuan. Dan mereka ini sering kelihatan pada hari
Sabtu dengan melakukan macam pertunjukan musik funk.

Dari hasil bincang-bincang dengan para warga  / tetangga
atau masyarakat lainnya, pada umumnya mereka juga tidak
telalu menyukainya, apalagi melihat penampilan mereka
yang bukan saja lusus tapi juga  kadang menyeramkan.
_______________________

Seramnya anak Funk
_______________________

Keseraman disini tentunya tidak berlaku umum para kawan,
karena tak jarang juga, anak funk ini berpenampilan
rapi dengan celana hitam dan kaos hitam. Dan mereka
tetap ingin disebut anak funk.

Tapi yang lainnya, kadang penulis melihat anak funk ini
bukan saja menunjukkan kelusuan pakaian, tapi juga
penampilan fisik yang menyeramkan.

- Daun telinga dilobang hingga duit logam yang seukuran
500 perak masuk di dalamnya.
- Begitu juga dengan hidung, mereka lubangi juga untuk
kemudian digantungi sesuatu. Entah apa gunanya penulis
juga tidak mengetahui.
- "Bibir dan lidah di lubangi" ini yang paling seru
menurut hemat penulis, karena kulit ini sungguh sangat
sensitif.
- Entah denga fisik lainnya, seperti pusat, bukan tidak
mungkin mereka lobangi juga.

Ah...penulis benar-benar tidak paham entah untuk apa
semua itu.

________________________________________

Anak funk dalam tinjauan islam
________________________________________

Para kawan...! Tinjauan ini hanya melihat dari dua sisi
yaitu  pakaian dengan kebersihannya dan bentuk fisik dengan
perawatannya.

1. Pakaian dan kebersihannya

Sedangkan Iman Gazali lewat situs http://lifestyle.kompasiana.
com/catatan/2012/06/21/kebersihan-diri-466121.html
mengatakan :

Adapun yang dimaksud dengan kebersihan (Thaharah) yaitu Bersihnya
badan, pakaian dan tempat dari kotoran-kotoran dan najis dengan
cara membersihkannya dengan jalan atau alat sebagaimana
dipelajari dalam fiqih bab Thaharah.

Dalam Islam pengetahuan dan pemahaman tentang kebersihan sangat
ditekankan. Setiap muslim dituntut untuk menjaga kebersihan dan
tidaklah beriman orang yang tidak memperhatikan terhadap
kebersihan Rasulullah telah bersabda:

Thaharah adalah sebagian dari iman ( HR. Muslim)

Kebersihan badan menjadi syarat sahnya suatu ibadah. Sebelum
melaksanakan sholat muslim harus berwudhu yang merupakan salah
satu cara untuk sampai pada thaharah badan (kesucia badan).
Allah telah menjelaskan tata cara wudhu dalam surat al-maidah ayat 6.

http://islamwiki.blogspot.com/2009/01/kebersihan-badan.
html#ixzz2RdiCtjj1 Under Creative Commons License: Attribution

Iman al Ghazali pernah mengungkapkan:“Apabila menilai
seseorang lihatlah pada kebersihan dirinya terlebih
dahulu” Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran,
termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau.

Comentar penulis :

Hubungannya dengan anak funk diatas, jelas  cara mereka
berpenampilan kumuh tidak sesuai dengan ajaran agama islam
dan cecara jelas dikatakan tidak boleh apalagi untuk
menghadapNya langsung dengan cara sholat.


2. Fisik dan perawatannya

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang
sebaik-baiknya” ( At-Tiin : 4 )

"Manusia ditinjau dari susunan postulat tubuhnya adalah ciptaan Allah
yang paling sempurna ditimbang makhluk hidup lainnya yang ada dimuka
bumi" tulis situs http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/retmi_
arti/2011/04/16/manusia-menurut-pandangan-islam/

Mengacu pada firman diatas, maka jelas fisik yang diberikan
Allah Swt ini pada kita sudah cukup sempurna, karena kesempurnaan
itu maka manusiapun dapat merasakan macam hal dibuka bumi ini
lewat fungsi dan kegunaan angota  tubuhnya masing-masing.

Masih pada situs yang sama dikatakan :

Manusia diciptakan Tuhan untuk menjadi khalifah-Nya di bumi.
Hal itu dinyatakan Allah dalam firman-Nya. Di dalam surat
al-Baqarah: 30 dinyatakan bahwa Allah menciptakan manusia
untuk menjadi khalifah-Nya di bumi. Perkataan “menjadi
khalifah” dalam ayat tersebut mengandung makna bahwa Allah
menjadikan manusia wakil atau pemegang kekuasaan-Nya
mengurus dunia dengan jalan melaksanakan segala yang
diridhai-Nya di muka bumi ini (H.M. Rasjidi, 1972:71)

Comentar penulis :

Hubungannya dengan anak funk diatas, jelas cara mereka
memperlakukan tubuhnya dengan melobanginya bertentangan
dengan cara-cara islam / ajaran agam islam.
_______________________________

Penutup Kesimpulan dan Saran
_______________________________

 Kesimpulan



* Pada hakikatnya kelahiran ank funk di
dunia ini khususnya Inggris dan USA
bukanlah sesuatu yang diehendaki
masyarakatnya.

* Dalam perkembangannya sering
menjadi tidak terkendali dan
telah menciptakan citra buruk
pada lingkungan.

* Anak funk ini pada akhirnya lebih
dikenal sebagai gambaran
prilaku ankhisme dari pada
sebagai kritikus pada kehidupan
kemasyarakatan atau politik

* Dalam banyak hal cara-cara yang ditunjukkan anak-anak
funk itu tidaklah sesuai dengan ajaran agama islam.
Khususnya yang berhubungan dengan penampilan luar
baik sebagai pakaian mapun sebagai anggota badan.

“Wahai orang-orang yang beriman, pakailah perhiasan (pakaian)
kalian setiap kalian menuju ke masjid.” (al-A’raf: 31)

Rasulullah n juga memerintahkan agar kita tidak meninggalkan
mandi, paling tidak setiap hari Jum’at, terkhusus bagi yang
menghadiri shalat Jum’at. Beliau bersabda:

“Mandi pada hari Jum’at wajib bagi setiap orang yang telah
baligh.” (HR. al-Bukhari no. 857 & 895 dan Muslim no. 1954)
Semuanya ini dimaksudkan agar seorang muslim berada dalam
sebaik-baik penampilan.

* Saran

1. Karena situs ini lebih banyak fokus tulisannya pada
masyarakat Tapsel najolo atau sannari, maka penulis sangat
berharap "agar para naposo nauli bulung terhindar dari
gaya kehidupan anak-anak funk ini". Dan tentunya  yang
sangat bernilai negatif.

2. Kiranya para orang tua halak hita agar memperhatikan
hal ini, karena bukan tidak mungkin lingkungan sangat
berperan dalam mempengaruhi sesorang.

“Setiap orang terikat (bertanggung jawab atas apa yang
dilakukannya.” (QS. At-Thur: 21). Itu kalimat terakhirnya
para kawan.

Wassalamu'alaikumwarahmatu llahiwabarakatuh....!
______________________________________
Cat sumber :
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/06/21/kebersihan-diri-466121.html
http://asysyariah.com/menjaga-kebersihan-tubuh-dan-pakaian.html
http://islamwiki.blogspot.com/2009/01/kebersihan-badan.html
http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/retmi_arti/2011/04/16/manusia-menurut-pandangan-islam/

Saturday, April 20, 2013

Qasidah Non Stop - Al Wahab

1. Dari Al Wahab 12 Lagu




_____________________

2. Dari Al-Mizan 12 Lagu




 ________________________

Friday, April 19, 2013

"MANDAILING KOTA SANTRI"

#SELAMAT HARI JUM'AT PARA KAWAN#"
(Menyimak Mandailing sebagai  Kota Santri Tapanuli Selatan Najolo
dan Sumatra Utara)
_____________________________________________________________








Lagu qasidah pembuka tulisan untuk kaum muslimin muslimat
dimanapun berada...!

 


______________________

Pendahuluan
______________________

Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!

Menyimak lagu di atas saya teringat masa kecil dulu, lagu ini cukup
sering terdengar di wilayah Sipirok Angkola. Pada masa itu dipikiran
saya yang dimaksud dengan "Kota Santri" itu adalah "Mandailing" ya
"Mandailing" itulah kota santrinya orang Tapanuli Selatan Najolo.

Dan hal ini menjadi semakin jelas, ketika saya tahu bahwa sebagian
guru agama di Sipirok adalah dari Mandailing. Begitu juga dengan
para pengurus-pengurus masjid. Dan tak jarang pula dalam setiap
perlombaan keagamaan untuk tingkat kecamatan lebih sering yang jadi
juaranya adalah orang Mandailing.

Tak terkecuali dengan pesantrennya, ada banyak di Mandailing. Dan yang
paling terkenal adalah Pesantren Purba. Hingga beberapa orang Sipirok
ada juga yang disekolahkan orang tuanya di Pesantren ini.

Singkat kata...! "Orang mandiling itu pantas menjadi contoh dalam
bidang keagamaan" Begitulah pendapat penulis yang telah menjadi
konsep di kepala pada masa kecil dulu.

Tapi :

1.  Benarkah Mandaling itu sebagai kota santri
2.  Bagaimana pendapat umum tentang kota santri (youtube)
3.  Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nama baik suatu
kota santri khususnya Mandailing

Adalah isi dari tulisan ini para kawan. Selamat menyimak...!
____________________________

Mandailing sebagai kota Santri
____________________________

Pada wikipedia disebutkan :

Kota santri adalah istilah yang diberikan kepada kota-kota yang
memiliki banyak pondok pesantren. Di Indonesia ada beberapa
kota yang sering disebut sebagai kota santri, salah satunya
adalah Kaliwungu, kota di sebelah barat Kota Semarang yang
memiliki puluhan pondok pesantren dan memiliki santri dari
seluruh pelosok Nusantara bahkan ada yang berasal dari
mancanegara, Malaysia dan Brunei Darusalam.

Istilah kota santri semakin populer dengan diciptakannya lagu
Kota Santri yang diciptakan oleh seorang warga Kaliwungu. Lagu
kota santri pertama kali dinyanyikan oleh grup kosidah Nasida
Ria Semarang.Satu contoh kota santri lainnya adalah Situbondo.

Para saudara/i, sebelum kita lanjut dengan daftar pesatren di
Mandailing mari kita nikmati lagu pestren berikut ini :






Adapun daftar pesantren di Mandailing Sbb :

1. Kecamatan Panyabungan Kota

    Pondok Pesantren Al Bi'Tsatil Islamiyah Panyabungan
    Pondok Pesantren Al Mandili Yanu Panyabungan
    Pondok PesantrenDarul Muttaqin GUPPI Manyabar
    Pondok Pesantren Ma'had Darul Ikhlash Dalanlidang

2. Kecamatan Panyabungan Utara

    Pondok Pesantren Darul Azhar Jambur Padang Matinggi
    Pondok Pesantren Darul Hidayah Jambur Padang Matinggi
    Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Panyabungan
    Pondok Pesantren Darut Tauhid Panyabungan

3. Kecamatan Panyabungan Barat

    Pondok Pesantren Darul Amiin Desa Longat

4. Kecamatan Kotanopan

    Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat

5. Kecamatan Lembah Sorik Marapi

    Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru
    Pondok Pesantren Roihanul Jannah Pasar Maga

6. Kecamatan Puncak Sorik Marapi

    Pondok Pesantren Al Junaidiyah Hutanamale

7. Kecamatan Tambangan

    Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur

8. Kecamatan Lingga Bayu

    Pondok Pesantren Riyadul Jannah Desa Gonting

9. Kecamatan Batahan

    Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum Lintas Batahan Natal
    Pondok Pesantren Miftahul Huda Sinunukan
    Pondok Pesantren Nadwa Bint Bejangkarbaru

10. Kecamatan Siabu

    Pondok Pesantren Darul Hadits Hutabaringin

11. Kecamatan Muarasipongi

    Pondok Pesantren Salafiyah Darul Azhar

12. Kecamatan Batang Natal

    Pondok Pesantren Thoriqotul Mardiyah Batumadinding

13. Kecamatan Natal

 Pondok Pesantren Shech Abdul Fatah Pasar Natal



Sedangkan dalam situs http://akhirmh.blogspot.com/2012/01/
pesantren-di-sumatera-utara.html di tabelkan sbb :


























Berdasarkan uraian diatas maka dapat kita ketahui, dari 13  Kecamatan
di Mandailing terdapat 23  Pesantren di Madina. Sedangkan versi
Tapanuli Selatan dalam Angka terdapat 33 pesantren.

Terlepas dari versi dan bahkan tanpa persi sekalipun sepertinya masyarakat
umum Sumatra Utara setuju bahwa di Mandiling itu banyak pesantren.

Dan jika hal ini diubungkan pula dengan "Defenisi Kota Santri" di atas
maka penulis merasa layak mengatakan, "Mandailing itu adalah kota
santrinya Tapanuli Selatan Najolo dan bahkan bisa disebut kota santrinya
provinsi Sumatra Utara".
______________________________________________

Macam Pendapat Umum Pada Kota Santri di Youtube
______________________________________________

Berikut macam pendapat pada lagu "Kota Santri"

"dizaman sekarang tidak ada lagi suasana itu..... orang orang pada
sibuk dengan urusannya masing-masing..." kata Hermanos Manos

Sedangkan Putra Banyuasin mengatakan :
"org2 skg lagunya yg pakainya mengumbar aurot bukanya saya sok
alim tp bener2 g enak bgt dipandang enak lagu yg jaman dulu
artisnya sopan2".

"KALIWUNGU KOTA SANTRI NAMUN DEKAT DEKAT DENGAN
"LOKALISASI".....trus py yoran...??hehehehehe..." kata Bang Jaok.

"suasana kota santri emng asyik dan sejukan hati.....ilike"
sahut adhevinky 88.

Heru ardi, "inget dikampung klo da hajatan, pake toa pasang di poon
klapa yg paling tinggi, lagunya nasidaria... kangen kampung halaman.."
katanya pula.

Dengan demikian, jelas tergambar bahwa, "kota santri itu bisa menjadi
pantas untuk disebut sebagai kota santri dan bisa juga kurang pantas".
__________________________________________________________

Faktor yang mempengaruhi nama baik dan tidak baik kota santri dalam
hubungannya dengan Mandailing sebagai kota santri - Penutup Tulisan
____________________________________________________________









1. "Para santri termasuk para pengurus Pesantren adalah hal yang utama
menjaga nama baik itu". Demikian pendapat penulis. Santrinya bukan saja
harus berprilaku baik di sekolah tapi juga diluar sekolah. Sedangkan
para guru termasuk pemilik harus lebih menjaga lagi, karena merekalah
pada umumnya yang menjadi sorotan masyarakat, untuk memasukkan anaknya
atau tidak pada pesantren tersebut.

Mengacu pada berita-berita media, sungguh sering terdengar nama suatu
pesantren menjadi tidak baik gara-gara salah satu gurunya tidak
berprilaku baik dan hal ini berpengaruh besar pada penurunan jumlah
muridnya.

2. Para alumni tak terkecuali, "Songonima prilaku ni nalulusan pesantren,
hauamai" demikian sanksi masyarakat bagi para alumni yang tak dapat
menjaga nama baik dirinya pun sekolahnya.

3. Masyarakat umum dalam banyak hal juga mempengaruhi nama baik suatu
pesantren khususnya bagi mereka yang tinggal disekitar pesantren tersebut.
Tak jarang keadaan masyarakat menjadi dasar penilaian bagi sebagian
orang untuk merasa pantas tidak pantasnya suatu pesantren di lingkungan
tertentu seperti comentar salah satu penanggap pada video youtube di atas.

4. Pemberitaan media untuk umum tentang keadaan suatu tempat yang
dianggap sebagai "kota santri" juga dapat mempengaruhi pendapat para
orang tua terhadap pesantren tersebut.

Demikian gambaran penulis, dan jika dihubungkan dengan "Mandailing"
sebagai kota santrinya Tapanuli Selatan Najolo" maka penulis berpendapat
"Nama baik Mandailing sebagai kota santri akan lebih dikenal oleh
masyarakat umum (Sumatra atau nusantara) jika para satri dan pengurusnya
termasuk masyarakatnya dapat berprilaku baik / sesuai dengan ajaran
psantren itu secara umum.

Dan jika prilaku baik ini tetap terjaga, maka pendapat umum yang mengatakan
Mandailing sebagai kota santri Tapanuli Selatan Najolo akan tetap diakui
dan jika tidak maka kitapun "akan menjadi tidak heran pula jika orang
Mandailing sendiri akan mempesantrenkan anaknya di luar Mandailing".

Semoga tidak...! "Tidak rusak susu sebelanga gara-gara nilai setitik,
tidak rusak nama Mandailing sebagai kota santri hanya gara-gara berita
narkoba. Tidak rusak nama kota santri hanya gara-gara pejabanya menjadi
berita utama ilegal logging, berita korupsi, kriminal dll. Dan tidak
rusak nama kota santri Mandailing hanya karena masyarakatnya menjadi
lebih anakhis.

Semoga tidak...semoga tidak...semoga tidak, karena penulis blog masih
ingin mempertahankan konsep yang ada dalam pikiran ini, konsep yang
telah ditanamkan orang tua ini yaitu "Memang benar Mandailing itu
kota santri dan tidak ada keraguan padanya". Amin ya robbal alamin.












Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!

_______________________________________________
 http://id.wikipedia.org/wiki/Pesantren_di_Mandailing_Natal
http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_santri

Postingan 17 Mei 2013

Pada hari ini, saya dengar kabar Bupati Madina di tangkap KPK,  dan
akibatnya bagi penulis dan bukan tidak mungkin bagi pembaca lainnya
mempengaruhi kepercayaannya untuk mengakui, bahwa Mandiling itu
adalah kota santri. "Sadamangan sibodak sude hona gotana" ning halak
hita.

Thursday, April 11, 2013

Aliran Sesat dan cara Menangkalnya

#SELAMAT PAGI PARA KAWAN#
(Menyimak macam informasi mengenai aliran sesat
di Indonesia dan melihat  ilustrasi pelaksanaan sholat yang sesat)
_____________________________________________________

Para  kawan...!








Berikut video gambaran latar belakang masalahnya :




Video di atas saya ambil langsung kata kuncinya yaitu "Aliran Sesat".

*. Apa itu aliran sesat
*. Bagaimana Aliran Sesat di Indonesia
*. Berapa jumlah aliran sesat di Indonesia
*  Apa kreteria untuk menetapkan sesat tidaknya suatu aliran
*  Faktor apa saja yang menimbulkan aliran sesat
*. Dan bagaiaman solusinya

Adalah hal yang menjadi isi tulisan ini. Dan tulisan ini bukanlah hasil pendapat
atau penilaian penulis tapi kumpulan informasi dalam dunia maya ini yang
berhubungan dengan "Aliran Sesat".

Karena itu benar tidaknya isi tulisan para pembacanyalah yang memberikan
penilaian. Sekali lagi para kawan, penulis tidak menilai sesat tidaknya suatu
aliran, karena itu bukan kapasitas saya.

Para kawan...!

Assalamu'alaikumwarahmatullahi wabarakatuh...!

Berikut infonya :
_________________________

Pengertian Aliran Sesat
_________________________

Pada situs http://id.scribd.com/doc/31865367/Makalah-Agama-Islam-Aliran-Sesat
Kata sesat dapat diartikan sebagai keyakinan yang dianut
seseorang yang menjadi keyakinan publik, atau menjadi
keyakinan para pengikutnya, sehingga orang yang di ikuti
keyakinannya yang sesat disebut menyesatkan.

Sedangkan pengertian“sesat menyesatkan” (dallun mudillun)
adalah paham atau pemikiran yang dianut dandi amalkan oleh sebuah
kelompok yang bertentangan dengan aqidah dan syariat Islam serta
dinyatakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyimpang
berdasarkan dalil syar'i
_____________________________________________

Jumlah Aliran Sesat di Indonesia dan daftar aliran sesatnya
_____________________________________________

"Sebanyak 250 aliran sesat pernah eksis di Indonesia. Hal
tersebut disebabkan pemahaman ummat islam di Indonesia
akan ajaran agama dililai masih sangat kurang"

Demikian tersajai pada alamat situs :
http://www.edisicetak.joglosemar.co/berita/250-aliran-sesat-
pernah-eksis-di-indonesia-5577.html
Adapun daftar aliran sesatnya dapat dibaca lewat link :
http://faktapemurtadan.blogspot.com/2012/01/daftar-aliran-sesat-di-indonesia.html
____________________________________

10 Kriteria Aliran Sesat Menurut MUI
____________________________________

Dikemukakan dalam penutupan rakernas MUI di Hotel Sari Pan Pacific, Jl.MH.
Thamrin, Jakarta, Selasa (6/11/2007) tentang Kriteria Aliran Sesat yaitu :

1. Mengingkari salah satu dari rukun iman yang 6.

2. Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Alquran dan sunnah.

3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.

4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.

5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.

6. Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.

7. Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.

8. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.

9. Mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah
ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, salat wajib
tidak 5 waktu.

10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i seperti mengkafirkan
muslim hanya karena bukan kelompoknya.
___________________________

Dua Video  aliran sesat
___________________________

Para kawan...! Mohon maaf sebelumnya jika video ini tidak
anda sukai. Dan sesungguhnya saya juga tidak menyukainya.
Tapi demi lebih terbuktinya bahwa "Aliran Sesat" itu bukanlah
mitos, bukan cerita mengada-ada dan bukan pula mimpi tapi
kenyataan (ada dalam dunia maya ini di upload).

Dan kiranya apa yang terlihat lewat video ini, menjadi masukan
bagi kita untuk lebih bijak dalam bersikap / menyikapi macam
persoalan yang berhubungan dengan kesesatan.

1. Video aliran sesat dalam pelaksanaan sholat yang sesat


_______________________________

2. Aliran Sesat dalam informasi  berita



______________________________________________________

Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya aliran sesat
______________________________________________________

Pada situs http://www.rumahfiqih.com/ust/e2.php?id=1194310936
dikatakan :

Ada beberapa faktor yang menyuburkan aliran sesat itu,
secara langsung maupun secara tidak langsung. Di antaranya
adalah:

1. Kegagalan Pembinaan Agama

Semua ormas dan orsospol Islam harus mengakui bahwa mereka
boleh dibilang masih gagal dalam membina aqidah umat.
Pembinaan yang serius boleh jadi belum berhasil sepenuhnya.

Di tataran akar rumput harus diakui bahwa umat ini masih belum
mendapat sentuhan tarbiyah dan pembinaan. Fenomena maraknya
pengajian dan ceramah baru menyentuh lapis terluar. Sedangkan
akar rumput rakyat yang terselip di sana-sini, luput dari
sentuhan pembinaan.

Angka 250 aliran sesat sepanjang 26 tahun menunjukkan secara
telanjang bahwa begitu mudahnya sebuah aliran sesat lahir dan
punya pengikut. Kalau rakyat ini sudah terbina, mustahil mereka
jadi pengikut.

Kita seharusnya miris dan khawatir, berapa persen sebenarnya dari
200 juta muslim Indonesia ini yang aktif mengerjakan shalat lima
waktu? Atau yang bisa membaca Al-Quran? Atau yang puasa penuh di
bulan Ramadhan?

Sebab yang kita saksikan pada saat shalat Jumat, begitu banyak
kendaraan yang berseliweran di jalan raya. Dan yang jelas, pada
saat adzan Maghrib berkumandang, berapa banyak orang yang turun
dari mobil keluar dari kemacetan sekedar untuk melakukan shalat
Maghrib? Berapa besar kapasitas tempat shalat di mal-mal Jakarta
untuk bisa menampung ribuan pengunjung?

Jadi kalau ALUMI mengatakan ada 250 aliran sesat, mungkin masuk
akal, sebab yang tidak shalat Maghrib dan sibuk meeting di mal pun
termasuk aliran sesat juga, karena tidak shalat wajib. Padahal
shalat bagian dari rukun Islam.

2. Pemerintah Yang Masa Bodoh

Yang paling mengharukan sesungguhnya adalah sikap masa bodoh dari
pemerintah. Entah itu departemen agama atau institusi manapun.
Sudah tahu ada ratusan aliran sesat, tapi mereka tidak punya rasa
peduli yang berbentuk tindakan nyata.

Kalau umat sudah terjebak tindakan anarkis, barulah mereka kebakaran
jenggot. Alasannya klise, pemerintah tidak boleh berpihak dan harus
mengayomi semua aspirasi masyarakat.

Bayangkan, urusan menginjak-injak aqidah dianggap sebagai aspirasi
masyarakat. Jadi yang sakit itu siapa? Jangan-jangan malah
pemerintahnya yang sakit. Apakah mereka tidak punya agama atau
mereka oprtunis?

3. Lemahnya Payung Hukum

Salah satu yang membuat aparat jadi sariawan dan pelo lidahnya
adalah karena di negara ini ajaran sesat tidak pernah dianggap
melawan hukum.

Kalau ada yang ditangkap, pasal untuk menjeratnya bukan karena
urusan aqidah yang sesat, tapi sekedar meresahkan masyarakat.
Padahal dalam pandangan hukum Islam, sesatnya aqidah bukan
sekedar kriminalitas dan kejahatan, tetapi sebuah sikap bunuh
diri. Karena itu negara adalah institusi yang paling bertanggung-
jawab untuk memastikan tidak adanya aliran sesat di negeri ini.

Tugas teman-teman kita di DPR jelas. buatlah undang-undang yang
memberikan payung hukum yang tegas, dilengkapi dengan peraturan
dan petunjuknya sampai detail. Sehingga pak polisi tidak bisa
beralasan lagi untuk belagak pilon dan pura-pura tidak tahu
kalau ada aliran sesat.

Buatlah sebuah institusi, apalah namanya, mungkin juga Majelis
Ulama atau apa saja, yang penting instutusi itu diberi payung
hukum yang kuat untuk bertindak. Mulai dari menerima laporan,
melakukan survey dan penyelidikan, sampai memanggil dan
menginterogasi para pemimpin aliran sesat dan akhirnya berhak
menjatuhkan vonis sampai kepada hukuman mati. Sehingga ketika
institusi itu bertindak, tindakannya legal dan mengatas-namakan
negara.

Tanpa ada aspek legalits ini, percuma saja ormas Islam berteriak-
teriak sambil menggerutu. Mereka akan terus dibuat capek dan
mengurusi hal-hal yang tidak ada habisnya.

Kalau institusi seperti itu sudah ada, urusan jadi gampang.
Panggil saja para pemimpin aliran sesat itu, disidang. Kalau
ternyata tidak sesat, bisa sekalian diklarifikasi dan dibersihkan
namanya. Tapi kalau memang sesat, tinggal disuruh bertobat dan
diberi waktu selama tiga hari. Tidak mau tobat juga, penggal saja
lehernya dan selesai. Memang demikian yang dilakukan oleh wali
songo kepada penyebar ajaran wihdatul wujud yang sesat dan
menyesatkan.

4. Munculnya Pembela Aliran Sesat

Aliran sesat yang sudah banyak ini semakin subur ketika kelompok
liberalis ikut-ikutan membela mereka. Alasannya sebenarnya sudah
sangat basi dan ketinggalan zaman. Kita sudah bosan mendengar
alasan pembalaan yang itu-itu jua. Paling banter alasannya
adalah kebebasan memilih agama dan kebebasan untuk menafsirkan
ajaran agama.

Bagi kalangan liberalis, kebebasan berpikir adalah tuhan yang
wajib disembah. Padahal esensinya sederhana saja, mereka ingin
tiap orang punya kebebasan dan kesempatan untuk jadi orang sesat
sekaligus kebebasan untuk masuk neraka. Tidak lebih dan tidak
kurang.

Maka kalau intinya hanya ingin lebih cepat masuk neraka, kita
bantu dengan disegerakan hukum mati saja. Jadi keinginan mereka
bisa segera tercapai.

5. Media Tidak Berpihak kepada Umat Islam

Umat Islam hari ini tidak punya media. Itu realita yang tidak ada
seorang pun yang bisa menyanggahnya. Umat Islam tidak punya televisi,
tidak punya kantor berita, tidak punya jaringan pers nasional apalagi
 dunia.

Maka munculnya aliran sesat di media, alih-alih mengarahkan agar umat
jangan sampai terlibat, yang terjadi justru pembelaan kalangan pers
kepada aliran-aliran itu. Salah satu televisi swasta nasional malah
membuat sebuah liputan yang menggambarkan bagaimana anarkisme
dilakukan oleh umat Islam, membakar dan meruntuhkan sebuah markas
aliran sesat sambil meneriakkan lafadz Allahu akbar. Sungguh jelas
keberpihakan televisi itu kepada aliran sesat dan mendudukkan umat
Islam sebagai penjahat.

Penggiringan opini model begini bukan baru hari ini saja, sejak lama
teman-teman kita di FPI sudah terkena getahnya. Sehingga FPI sudah
dibunuh karakternya oleh jaringan media sekuler yang umumnya anti-
Islam.
________________________________

Solusi Penaganan Aliran Sesat
________________________________

.....Sambungan sub judul di atas :

Itulah lima hal yang menjadi faktor kelemahan umat Islam dalam
menghadapi badai aliran sesat. Kalau kita mau jalan keluar,
pikirkanlah bagaimana agar kelima hal itu bisa kita atasi.

Pertama, seluruh ormas Islam harus bersatu dan saling bantu dalam
membina umat. Jangan ada lagi urusan ribut-ribut yang tidak jelas
ujung pangkalnya. Kita punya 200 juta massa bersama yang setiap hari
jadi korban ajaran sesat, sementara kita sibuk bertengkar kapan
jatuhnya tanggal 1 Syawwal atau siapa yang mau jadi Presiden di
2009. Sungguh kekonyolan yang tiada banding.

Kedua, umat Islam sudah banyak yang duduk di pemerintahan.
Seharusnya gigi mereka tidak perlu ngilu ketika membela Islam.
Toh umat Islam mayoritas di negeri ini. Di Indonesia timur yang
banyak non muslimnya, orang-orang kafir yang duduk di pemerintahan
bekerja siang malam untuk memanfaatkan wewenang dan jabatan serta
pengaruhnya demi kepentingan agama mereka. Itu mereka katakan
secara terbuka.

Tapi di pusat yang pejabatnya kebanyakan umat Islam, mereka
tiba-tiba jadi linglung ketika diminta untuk bersikap. Ini
sungguh konyol dan kebangetan.

Ketiga, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah waktunya diberi payung
hukum dan wewenang yang kuat. MUI perlu dipersenjatai, bukan dengan
bedil tapi dengan kekuatan hukum. Kalau sekarang, anjing menggonggong
khafilah berlalu.

Para kiyai itu teriat-teriak di masjid dan mimbar, tapi tidak bisa
berbuat apa-apa. Karena tangan mereka terbelenggu. Sekali bergerak,
malah masuk penjara dengan tuduhan anarkis.

Keempat, sudah waktunya kelompok liberal dimasukkan ke dalam daftar
aliran sesat. Sehingga bisa juga diseret ke pengadilan dan divonis
hukuman berat. Biar tidak lagi berusaha memancing di air keruh.

Kelima, umat Islam wajib untuk punya media massa yang serius.
Setiap individu punya beban fardhu 'ain untuk membantu hidupnya
media massa Islam ini.

Wallahu a'lamb bishshawab.

Para kawan...!

Video dibawah ini (7 video) juga gambaran solusinya dalam menangkal aliran sesat dalam
bentuk tanya jawab :



_____________

Penutup
_____________

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam kitabNya :

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah
Kusempurnakan kepadamu nikmatKu, dan telah Kuridhoi Islam sebagai
agama bagimu.” (QS : Al Maidah [5] : 3).

Pemahaman saya mengenai ayat ini, islam itu memang cukup sempurna
ajarannnya karena semua kejadian-kejadian yang ada dimuka bumi
ini telah ada aturan main penilaiannya, telah ada sember-sumber
hukumnya. Dan sumber sumber-sumber hukum ini yang kita kenal dengan
nama Qur'an, Hadist dan ijtihad.

Terhadap semuanya ini telah ada pula ahlinya untuk menentukan sesatnya
suatu aliran. Dan jika kita ingin mengetahui apakah pengetahuan kita,
perbuatan kita sesat atau tidak mungkin baik mempertanyakan kembali
pada diri sendiri, "Apakah pengetahuan dan perbuatan saya ini sudah
sesuai dengan yang ditetapkan dalam ajaran agama islam...atau adakah
yang saya laksanakan memenuhi kreteria yang ditetapkan oleh MUI...?"

Selamat hari Jum'at dan semoga kita semua terhindar dari kesesatan.
serta selalu ditunjuki oleh Allah Swt pada jalan yang benar :

Allahumma  Ihdinas siraatal mustaqeem.Siraatal ladheena an ‘amta’ alaihim
Ghairil maghduubi’ alaihim waladaaleen
Aamiin

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh....!
_______________________________________________
Cat :
Sumber lainnya :
http://waetuo.wordpress.com/2012/08/18/aliran-aliran-sesat-di-indonesia/
http://ustadzrofii.wordpress.com/2011/02/21/10-kriteria-aliran-sesat-menurut-mui/

Thursday, April 4, 2013

SENANDUNG ZIKIR DAN MANFAAT ZIKIR


SENANDUNG  ZIKIR  DAN MANFAAT ZIKIR









*Pemahaman Awal

Zikir (bentuk tidak baku dzikir dan dikir (bahasa Arab: ٱلذِّÙƒْر , translit. al-żikr) adalah puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang.

Zikir juga merupakan sebuah aktivitas ibadah dalam umat Muslim untuk mengingat Allah. Di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah, dan zikir adalah satu kewajiban yang tercantum dalam al-Qur'an

Bacaan zikir yang paling utama adalah kalimat "Laa Ilaaha Illallaah", sedangkan doa yang paling utama adalah "Alhamdulillah". Seseorang yang melakukan zikir disebut dzaakir (ذاكر).

*Manfaat Zikir

Zikir diibaratkan sebagai benteng dari perilaku-perilaku buruk seseorang. Jika seseorang hendak tergerak hatinya untuk melakukan keburukan, zikirlah yang akan menyadarkan jiwa seseorang, mengingatkan bahwa apa yang akan dilakukan tersebut adalah hal yang salah.

Secara fisik zikir juga akan memberi manfaat kesehatan. Jiwa yang tenang akan membuat tekanan darah stabil dan emosi yang terkontrol. Pancaran wajah para ahli zikir juga terlihat lebih cerah ketimbang mereka yang tidak suka berzikir.
____
Cat :