Wednesday, September 6, 2023

Surah Asy-Syarḥ sebagai surah ke-94 -Qur'an. serta hubungannya dengan Surah Ad Dhuha

 


Surah Asy-Syarḥ sebagai surah ke-94 -Qur'an. serta hubungannya dengan Surah Ad Dhuha



Surah Asy-Syarḥ (bahasa Arab: الشّرح, har. 'Pelapangan'), juga disebut sebagai Surah Alam Nasyrah dan Al-Insyirah, adalah surah ke-94 dalam al-Qur'an. 


Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Terkait dengan apa yang dibahas, panjang, dan penempatannya dalam al-Qur'an, surah ini sering dipasangkan dengan Surah Ad-Duha, dan diyakini diwahyukan sesudah surah Ad-Duha.


Pokok bahasan Asy-Syarh tampaknya merupakan kelanjutan dari jaminan dan dorongan yang diberikan pada Surah Ad-Duha dan sangat mirip sehingga kedua surah ini tampaknya diturunkan pada periode yang hampir sama dalam kondisi yang serupa. 


Surah ini memuat nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada Nabi Islam Muhammad, yakni diberikan sifat kesabaran (berlapang dada), beban-beban diringankan, serta derajatnya diangkat. 


Surah ini juga memuat ayat yang diulang: "sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan", serta menjadi salah satu ayat yang sering dikutip oleh para pekerja keras, bahwa semua kesulitan yang dihadapi Muhammad atau umat-umatnya akan dibalas dua kali lipat (atau lebih).

____

Cat :

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

No comments:

Post a Comment