Wednesday, May 10, 2023

ESKATOLOGI ISLAM : LEBIH PAHAM TENTANG ALAM BARKZAH (ALAM KUBUR)

 


ESKATOLOGI ISLAM : LEBIH PAHAM TENTANG ALAM BARKZAH (ALAM KUBUR)

*ILUSTRASI TANYA JAWAB

*Apa yang dimaksud dengan Alam Barkzah Regar...?

Alam Barkzah adalah alam yang dilalui oleh manusia setelah meninggal dunia, sekaligus alam tempat penantian sebelum memasuki Alam Akhirat.

Ada-pun Dalil-nya, al :

Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya kubur itu awal persinggahan dari persinggahan-persinggahan akhirat. Barang siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah darinya. Barang siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih sukar darinya.” (HR Tirmizi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Utsman bin Affan RA).
-----
*Ada berapa alam yang harus dilalui manusia Regar mulai dalam kandungan sampai masuk alam akhirat...???

Ada 4 Alam :
1. Alam Dzuriyah (Alam Rahim)
2. Alam Dunia (Alam Fana)
3. Alam Barkzah (Alam Kubur)
4. Alam Akhirat (Alam Kekal)
-----

*Jika kita melihat dari 2 jenis golongan manusia yang meninggal Regar. Satu karena Beriman dan satu lagi karena Kafir. Bagaimana Islam menggambarkan keberadaan mereka di alam Barkzah...???

Bagi yang beriman digambarkan :

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. (Surah Ali Imran:169)

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya. (Surah Al-Baqarah:145)

Bagi yang "Tidak Beriman" di gambarkan :

Mereka (Fir'aun dan para pengikutnya) setiap pagi dan petang berada di depan api dan ketika hari kiamat berlangsung, keluar perintah untuk menyiksa keluarga Fir’aun dengan seberat-beratnya siksaan.
----
*Berdasarkan penjelasan diatas Regar, berarti manusia yang di alam Barkzah-pun, sudah bisa terlebih dahulu menikmati ada-nya Syorga dan Neraka sebelum memasuki Alam Akhirat.

Ya..!
Dalil pendukung-nya :

Nabi yang mulia saw bersabda:
Kuburan (barzah) adalah kebun dari kebun-kebunnya surga atau jurang dari jurang-jurangnya neraka.
----
*Dari yang saya tahu Regar, Malaikat Munkar dan Nankir, akan bertanya pada setiap muslim yang meninggal...???

Ya...!
Dalil-nya adalah :

"Dan si mayit mendengar diangkat serta diletakkannya sandal mereka (para peziarah) ketika mereka berpaling saat ditanyakan pada si mayit 'Hai manusia, siapa tuhanmu, apa agamamu, dan siapa nabimu?'" (Dari Al-Barra' bin Azib dalam riwayat Jarir)

*Karena manusia yang di alam Barkzah itu Regar ditanya sama Malaikat, adakah diantara mereka yang ingin kembali ke Alam Dunia...???

Ada...!
Dalil-nya :
(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), (99) agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan”. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan (100) [QS. Al-Mukminuun : 99-100]
-----
Apakah Siksa Kubur itu berlangsung sesaat Regar atau terus menerus hingga datang Hari Kiamat...???

Berlangsung terus menerus, dengan gambaran dalil :

Kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat (Dikatakan pada malaikat): Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat keras.” (QS. Ghafir: 46)

Demikian juga dalam hadits Al Barra’ bin ‘Azib tentang kisah orang kafir, “Kemudian dibukakan baginya pintu Naar sehingga ia dapat melihat tempat tinggalnya di sana hingga hari kiamat.” (HR. Imam Ahmad)
----

*Kembali ke Alam Barzakh atau Alam Kubur Regar. Bagaimana keadaan Roh dan Jasad Manusia di alam ini...???

Ini sesuatu hal yang susah di bahas, karena itu Allah Swt berfirman :

QS. Al-Isra' Ayat 85
Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit.”
-----
*Adakah yang bisa kita perbuat Regar, agar para Kaum Kerabat kita yang telah Meninggal Dunia itu, yang sedang menanti datang-nya Hari Kiamat itu,

1. Jadi-lah anak yang Sholeh dan Sholeha yang selalu men-do'akan ayah ibu-nya atau kaum kerabatnya.

“Jika seseorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh.” (HR. Muslim).

2. Ziarah-lah

Rasulullah SAW bersabda: Dahulu aku telah melarang kalian berziarah ke kubur. Namun sekarang, berziarahlah kalian ke sana.” HR. Muslim.

Dari Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda: Aku meminta izin kepada Allah untuk memintakan ampunan bagi ibuku, tetapi Allah tidak mengizinkan. Kemudian aku meminta izin kepada Allah untuk berziarah ke makam ibuku, lalu Allah mengizinkanku.”

Artinya, “Tuhanmu memerintahkanmu agar mendatangi ahli kubur baqi’ agar engkau memintakan ampunan buat mereka.”

3. Baca Yasin-lah

“Barangsiapa membaca Yaasiin dihari dan malam jumah dengan mengharap ridho Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr
-----
Cat :
Eskatologi Islam adalah Ilmu yang mempelajari kehidupan setelah meninggal dunia menurut Agama Islam.
๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

No comments:

Post a Comment