Monday, August 27, 2012

Video Suara Azan Dari "MSAD" Sipirok Nasholi.

Video Suara Azan dan Adab Azan











*Azan

Azan atau adzan (bahasa Arab: أَذَان, translit. ażān [ʔaˈðaːn]), juga ditulis sebagai athan, adhane (bahasa Prancis), azaan (di Asia Selatan), dan ezan (bahasa Turki), merupakan panggilan ibadah bagi umat Islam untuk menunaikan salat.

Azan merupakan panggilan pertama yang diperdengarkan secara keras dari masjid setiap salat lima waktu, dan dahulu dari menara masjid, sebelum diperkenalkannya pengeras suara. Panggilan kedua setelah azan dinamakan iqamah digunakan untuk memberitahu makmum bahwa ibadah salat akan segera dimulai. Hanya di Turki, ezan diperdengarkan dengan lima macam gaya berbeda pada tiap periode; saba, uşşak, hicaz, rast, segah.

*Ada Azan

Adab azan berdasarkan hukum-hukum Islam adalah:

Muazin harus Islam, berakal sehat, dan cakap dalam ilmu agama dan ibadah.

Amanah dan tidak pernah menerima upah.

Suara muazin lantang dan merdu.

Suci dari hadas dan najis.

Berdiri menghadap kiblat di tempat yang tinggi atau menggunakan pengeras suara.

Azan dikumandangkan jika sudah memasuki waktu salat. Muazin umumnya berdiri saat mengumandangkan azan,serta meletakkan jari-jari di telinga ketika azan.

Setiap lafal azan dipisahkan dengan jeda panjang diulang berdasarkan ketentuan urutan lafal. Muazin umumnya menengok ke kanan dan ke kiri ketika mengucapkan ḥayya alaṣ-ṣalāhti dan ḥayya ʿalal-falāḥi.

Jika lafal diulang dua kali, lafal pertama dalam azan umumnya memiliki batas interval yang terbatas, kurang melismatik, dan lebih pendek. 

Lafal kedua umumnya lebih panjang, penuh dengan melisma, dan intervalnya dapat mencapai lebih dari satu oktaf. Bentuk azan dicirikan oleh nada-nada yang saling kontras serta berisi dua belas bagian melodi yang berpindah dari satu pusat nada ke pusat nada lain dalam satu maqamat, dengan interval perfect 4 atau perfect 5. 

Banyak geografi Timur Tengah memiliki ciri khas maqamat: Madinah, Arab Saudi menggunakan maqamat al-Bayati, sedangkan Makkah menggunakan maqamat Hijaz. Tempo azan biasanya lebih lambat; dan dapat dipercepat dengan sedikit melisma untuk Salat Magrib. Selama festival, azan dapat diperdengarkan secara antifon sebagai duet.
 





____
Cat : Wikipedia

PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

No comments:

Post a Comment