Thursday, August 30, 2012

Tausiyah


Tausiyah atau sering juga disebut dengan tausiah adalah istilah umum di kalangan umat Islam yang merujuk kepada kegiatan siar agama (dakwah) yang disampaikan secara tidak resmi (informal), berbeda dengan tabliq, ceramah, orasi, atau khotbah yang lebih berkonotasi kepada pidato serius yang dihadiri oleh ribuan bahkan puluhan ribu jamaah.

Secara praktis, tausiyah juga berarti ceramah keagamaan yang berisi pesan-pesan dalam hal kebenaran dan kesabaran, merujuk pada QS. Al-‘Ashr:3. "Watawa shoubil haqi watawa shoubish shabr" yang artinya "Dan mereka saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran". Tausiyah juga dapat dimaknai sebagai wasiat atau pesan terakhir yang disampaikan oleh orang yang akan meninggal dunia, dapat pula berisi penyerahan atau pembagian barang-barang warisan.
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Juz 'Amma Plus Terjemahan - Muhammad Thoha Al Junayd"

Wednesday, August 29, 2012

SEJARAH GONG/DOAL DAN FUNGSI DOAL MSAD"

#SELAMAT SIANG TAPANULI#"
(Lebih paham tentang sejarah, fungsi atau kegunaan doal secara umum
khususon doal MSAD)
_____________________________________________________



Para kawan...! Mohon ijin kasih info
sekitar seluk beluk gong atau doal.
Semoga bermanfaat untuk tambahan
pengetahuan.
__________________________

Doal Parjolo ditemukan
__________________________

Para kawan...! Doal atau gong
pertama kali dibuat menurut para
peneliti sejarah sekitar 600 tahun sebelum masehi oleh kerajaan/
kebudayaan Dong Son, di delta Sungai Merah Vietnam Utara.
___________________

Proses Pembuatan
___________________

Para peneliti sejarah mengatakan, : "....dengan menggunakan metode
pengecoran logam yang telah hilang (lost wax method), gong ini
oleh para peneliti sejarah dianggap sebagai salah satu contoh
terbaik dari budaya pengerjaan logam".

Dengan demikian para kawan
pebuatan gong ini dengan sistem cor.
________________________

Gong Tertua Didunia
________________________

Menurut para peneliti sejarah :

Gong terbesar di Asia Tenggara dan bahkan tertua di dunia adalah
gong nekara yang ada di Pulau Selayar.

Menurut informasi dari tetua adat dan penduduk Kelurahan
Bontobangun (tempat ditemukannya gong nekara), gong tersebut
ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penduduk dari Kampung
Rea-Rea yang bernama Sabuna pada tahun 1686.

Pada saat itu Sabuna sedang mengerjakan sawah Raja Putabangun di
Papaniohea, tiba-tiba cangkul Sabuna membentur benda keras yang
ternyata adalah hiasan katak yang merupakan bagian dari gong nekara.

Sejak berakhirnya Dinasti Putabangun, pada tahun 1760 gong nekara
tersebut dipindahkan ke Bontobangun dan menjadi kalompoang/arajang
(benda keramat) Kerajaan Bontobangun.
_____________________

Tentang Doal SMAD
_____________________

* Asal muasal gong atau doal MSAD

Para kawan ... ! Sebenarnya saya juga tidak tau dan sedang mencari tahu.
Jika ada diantara dongan yang mengetahuinya silakanlah kawan diberitahu.
Hehehehe...begitupun jika suatu saat saya temukan akan secepatnya
di kabari. Hahahahaha....

Oya ... ! Jika kita mengamati doal MSAD di atas, maka saya dapat
memastikan "ulunai"  madung pelnat. Andai saja ada diantara pembaca
yang  bisa mengatasinya, tentunya para masyarakat Sipirok akan sangat
berterimakasih sehingga doal utama ini tetap terpakai.

* Fungsi atau Kegunanan doal MSA

Para dongan...! Menurut hemat saya, dan dari hasil pengalaman dan
pengamatan, maka doal MSAD itu mempunya 3 Fungsi :

1. Sebagai Fungsi Keagamaan

Amran P,  dari  MSAD sebagaimana di
kutif Metro-Medan mengatakan :

"Setiap menjelang waktu salat tiba selalu terdengar suara gong hingga
di kejauhan, selanjutnya disusul dengan azan. Beberapa warga bahkan
selalu berpatokan pada bunyi tersebut yang menandakan waktu salat
telah tiba. Rata-rata masyarakat muslim akan menghentikan aktifitas
kerja untuk sementara, dan segera menunaikan salat atau
sekedar istirahat" ungkapnya.

2. Sebagai Fungsi Sosial  Budaya

Artinya doal atau gong MSAD itu, khususnya dimasa yang telah berlalu
sering juga digunakan untuk mengumpulkan masyarakat demi melaksanakan
kegiatan secara mersama-sama, seperti :

- Berkumpul untuk pergi bersama-sama membuka suatu lahan yang bisa
saja menjadi sawah atau  ladang termasuk dalam hal ini membasmi hama.
(Marburu motci hata lainna).

- Mencari orang yang hilang, juga termasuk fungsi sosialnya khususnya
yang hilang  di hutan/harangan (penulis pernah melihat langsung saat
doal MSAD digunakan untuk hal ini).

- Fungsi lainnya, sebagai pemberitahuan adanya kabar duka cita.
Dengan cara pemukulan/pembunyan tertentu biasanya masyarakat
akan mengetahui apakah yang meninggal orang dewasa atau
anak-anak. (Ada istilah doal si dua-dua dan sitolu-tolu).

3. Sebagai Fungsi Politik

Fungsi politik yang saya maksud  disini adalah pemukulan gong atau
doal tersebut dengan maksud agar masyarakat berkumpul atau
bersembunyi karena sesuatu hal (Terjadi pada masa perang).

Untuk hal ini saya tidak punya sumber, begitupun jika dilihat dari
tahun berdirinya MSAD (Masa penjajahan Belanda) dan tingginya
gejolak politik sekitar tahun 1932 - 1965 di  Nusantara, saya
berkeyakinan fungsi ini dilaksanakan.

Artinya, bisa saja doal MSAD itu dibunyikan pada saat ini untuk
mengumpulkan masyarakat/melakukan sesuatu  untuk mengusir
penjajah (Sejarah berkata Lingkungan MSAD/Islamiyah/SD3 itu
pernah menjadi tempat latihan militer melawan penjajah).

Para kawan demikian yang dapat saya sajikan mengenai doal secara
umum dan doal MSAD secara khusus. Bagi yang ingin menambah
dipersilalah dan selamat siang...!
___________________________________________________
Cat : Sampai 2 Januari 2013 di lihat  70 kali.
PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Tuesday, August 28, 2012

"KATA PENGANTAR/HATA PATUJOLONA"


Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!

Para dongan, adik abang dan koum sasudena...!

Alhamdulillah...sidung joloi ronde pertama ni blog "Galeri MSAD Sipirok Nasholi" on. Sehubungan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang mau di informasikan pada
pembaca tercintanya. Ido tusi, hahahaha....
_________________

Tujuan Pembuatan
_________________

Pada intinya hanya ingin memenuhi naluri ingin tahu di bidang
kegiatan keagamaannya para kawan. Karena saya lahir dan besar di
lingkungan  MSAD ini apa salahnya dilaoskon goarnya, sehingga lebih
dikenal oleh para kawan-kawan atau koum lainnya.

Dipikiran saya, jika suatu masjid cukup dikenal maka besar kemung
kinannya lebih dicintai pula, seperti kata pepatah matong itu,
"Maka tong matttong dikenal, maka sayang mattong tong" Hahaha...
Ya, hanya itu kawan, disamping "Untuk menjalin silaturrahmi ala
dunia maya ini" Botima.
_________

Hal Isi
_________

Para kawan, dari namanya seperti sudah tergambar isi dari blog ini,
begitupun tentu tak ada salahnya di informasikan kembali. Yang isinya
kedepan sekitar hal-hal yang berhubungan khususnya dengan kegiatan
keagamaan di MSAD dan umumnya di daerah Batak/Tapanuli.

Begitupun info-info pengetahuan seputar masjid di nusantara atau
dunia jika semua memungkinkan/insya Allah  tetap akan kita sajikan
kemasa-masa mendatang.
_______________

Hal Photo/Gambar
_______________

Para kawan...! seperti kita ketahui, galeri dunia maya tentu berbeda
dengan dunia nyata. Hehehe...karena itu meskipun di galeri ini
ada kopi, susu, lomang, atau lappet itu hanyalah gambar, sekali lagi
hanya gambar kawan. Ya hanya gambar dan kata-kata. Hahahaha...

Para kawan...! Meski hanya gambar, tapi justru "itu yang penting".
Karena itu jika tak ada gambar, maka galeri inipun tidak ada.

Karena itu pula, kepada para kawan  pemilik gambar yang photonya ada di
galeri ini "Saya ucapkan terimakasih". Dan mohon kiranya keikhlasan.

Para kawan...! Karena waktu terus berlalu, sudi kiranya menyediakan
photo untuk kemeriahan/kelangsungan galeri kita ini. dan jika punya
koleksi photo masa lampau yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan
tentu sangat diharap. (Intina katua...! Pasang siani kapala photo on,
aso hai panotnoti sionon katua ...ninna).
____________________________________

Penanggung Jawab Isi dan Tata Letak
____________________________________

Para kawan...! Karena blog memang ada kata kuncinya maka hanya di
miliki dua orang yaitu Parlindungan Siregar dan Rizki Fattah
Siregar, keduanya ada malang melintang di FB dalam waktu-waktu
senggang. Hahahaha...intinya bisa komunikasilah kita para koum.
Oya...salam hormat tuk para panitia MSAD yang datang ke situs ini.
__________________________

Pendapat, Saran dan Kritik
__________________________

Hita tu hitanya ini, Kita sama kita pula. Jadi soal pendapat saran
atau kritik bisa daturlah itu. Wabillah noma gonan...

Wassalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakatuh...!


Indonesia, 28 Agustus 2012

ttd

Rps & Rfs
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

"VIDEO ALBUM NAMA-NAMA MASJID SE-NUSANTARA 1"

"VIDEO ALBUM NAMA-NAMA MASJID SE-NUSANTARA 1 dan MUSEUMNPEDIR ACEH



Pedir Museum adalah sebuah museum yang terletak di Blang Glong, Pidie Jaya dan memiliki cabang di Punge Blang Cut, Banda Aceh . Museum ini didirikan oleh Masykur Syarifuddin pada tanggal 6 Juni 2015. Museum ini mengkoleksi berbagai benda-benda kuno peninggalan peradaban di Aceh seperti manuskrip, mata uang, senjata, keramik dan berbagai artefak lainnya. Saat ini Pedir Museum telah memiliki koleksi sebanyak lebih kurang 5000 benda-benda kuno.

*Sejarah

Pedir Museum didirikan secara swadaya pada pertengahan 2015 setelah setahun upaya yang dilakukan Masykur dalam mengumpulkan benda-benda kuno. Masykur pada mulanya mencari manuskrip pada tahun 2014 dengan cara membeli dari masyarakat dan pedagang barang antik. Upaya ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan Masykur dikarenakan banyaknya benda-benda kuno asal Aceh yang dijual ke luar negeri. Penamaan museum sendiri merujuk pada nama Kerajaan Pedir yang terletak di Pidie.[2]

*Koleksi

Sampai dengan saat ini, Pedir Museum telah memiliki 2.870 koleksi. Sebanyak 462 di antaranya merupakan koleksi naskah manuskrip. Sementara itu, mata uang kuno dari abad ke-12 hingga 19 mencapai 1.000 koleksi. Selain itu, Pedir Museum juga menyimpan perhiasan, senjata, arsip kesultanan, kain dan tekstil, benda-benda etnografi dan arkeologi, hingga temuan-temuan fosil.

Koleksi tertua museum ini adalah koin milik Khalifah Al-Ma'mun dari Daulah Abbasiyah yang berangka tahun 202 Hijriah dan dua koin lainnya dari Konstantinopel, Romawi Timur yang berasal dari abad ke-12 Masehi.

*Kegiatan

Museum Pedir sering dikunjungi oleh peneliti dan mahasiswa untuk mempelajari naskah-naskah lama Aceh. Selain itu juga diadakan kegiatan belajar membaca naskah lama.


VIDEO ALBUM NAMA-NAMA MASJID SE-NUSANTARA 1



____
Cat :
https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Museum_Pedir



PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Monday, August 27, 2012

Video Suara Azan Dari "MSAD" Sipirok Nasholi.

Video Suara Azan dan Adab Azan











*Azan

Azan atau adzan (bahasa Arab: أَذَان, translit. ażān [ʔaˈðaːn]), juga ditulis sebagai athan, adhane (bahasa Prancis), azaan (di Asia Selatan), dan ezan (bahasa Turki), merupakan panggilan ibadah bagi umat Islam untuk menunaikan salat.

Azan merupakan panggilan pertama yang diperdengarkan secara keras dari masjid setiap salat lima waktu, dan dahulu dari menara masjid, sebelum diperkenalkannya pengeras suara. Panggilan kedua setelah azan dinamakan iqamah digunakan untuk memberitahu makmum bahwa ibadah salat akan segera dimulai. Hanya di Turki, ezan diperdengarkan dengan lima macam gaya berbeda pada tiap periode; saba, uşşak, hicaz, rast, segah.

*Ada Azan

Adab azan berdasarkan hukum-hukum Islam adalah:

Muazin harus Islam, berakal sehat, dan cakap dalam ilmu agama dan ibadah.

Amanah dan tidak pernah menerima upah.

Suara muazin lantang dan merdu.

Suci dari hadas dan najis.

Berdiri menghadap kiblat di tempat yang tinggi atau menggunakan pengeras suara.

Azan dikumandangkan jika sudah memasuki waktu salat. Muazin umumnya berdiri saat mengumandangkan azan,serta meletakkan jari-jari di telinga ketika azan.

Setiap lafal azan dipisahkan dengan jeda panjang diulang berdasarkan ketentuan urutan lafal. Muazin umumnya menengok ke kanan dan ke kiri ketika mengucapkan ḥayya alaṣ-ṣalāhti dan ḥayya ʿalal-falāḥi.

Jika lafal diulang dua kali, lafal pertama dalam azan umumnya memiliki batas interval yang terbatas, kurang melismatik, dan lebih pendek. 

Lafal kedua umumnya lebih panjang, penuh dengan melisma, dan intervalnya dapat mencapai lebih dari satu oktaf. Bentuk azan dicirikan oleh nada-nada yang saling kontras serta berisi dua belas bagian melodi yang berpindah dari satu pusat nada ke pusat nada lain dalam satu maqamat, dengan interval perfect 4 atau perfect 5. 

Banyak geografi Timur Tengah memiliki ciri khas maqamat: Madinah, Arab Saudi menggunakan maqamat al-Bayati, sedangkan Makkah menggunakan maqamat Hijaz. Tempo azan biasanya lebih lambat; dan dapat dipercepat dengan sedikit melisma untuk Salat Magrib. Selama festival, azan dapat diperdengarkan secara antifon sebagai duet.
 





____
Cat : Wikipedia

PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Sunday, August 26, 2012

SEJARAH MASJID SRI ALAM DUNIA SI PIROK MASHOLI

#SELAMAT PETANG PARA KAWAN#
(Sekilas Wisata Histori tentang sejarah ummat muslim di Sipirok
dan Sejarah berdirinya MSAD Sipirok Masholi) ________________________________________________________________


"Para pengunjung, apalagi bagi wisatawan
yang punya selera tinggi terhadap sejarah,
bisa menikmati selera ilmiahnya di Kota
Sipirok.

Kota Sipirok pertama sekali dikenal
di zaman Belanda sebagai daerah
awal di Provinsi Sumatra Utara,
dimana Gereja pertama dibangun. Di Desa Parausorat, sekitar lima
kilometer dari pusat Kota Sipirok, sejarah masuknya agama Kristen
dan sejarah pembaptisan akan memenuhi selera tentang histori, tak
terkecuali sejarah Masjid Sri Alam Dunia Sipirok".

Para kawan...! Pernyataan di atas adalah kutipan dari mantan jurnalis
asal Sipirok yaitu Budi Hatees dalam situs "Kompasiana" dengan judul
tulisan "Sipirok Kota Kecil Melahirkan Orang besar".

Para kawan sakali nai...! Pernyataan "Selera tentang Histori" ini
ternyata menyentuh naluri ingin tahu saya tentang "Sejarah Masuknya
Islam ke Tapsel dan sejarah Berdirinya "Masjid Sri Alam Dunia" yang
untuk selanjutnya saya sebut MSAD.
________________________________________________

Sejarah Singkat Masuknya Islam ke Tapanuli (.....s/d 1926)
________________________________________________




















Para kawan...! Sungguh banyak situs yang meberitahukan mengenai
sejarah masuknya islam ke Tapanuli dan untuk dapat memahaminya tidak
lah mudah, karena itu sayapun tidak memperincinya.

Yang mau saya sampaikan dalam hal ini, setelah masuknya islam ke
Tapanuli dan untuk dapat tetap bertahan maka banyak persoalan yang
harus diselesaikan ummat islam/para pemimpin agama/Kiyai/sheh-sheh
di Tapanuli.

Dan semuanya ini besar hubungannya dengan Belanda dengan macam
organisasinya, dengan kristen, dengan macam organisasi islam itu sendiri
termasuk masih adanya kepercayaan sipelebegu.

Demikian uraian singkatnya untuk dapat lebih memahami latarbelakang
didirikannya MSAD.

_____________________________________

MSAD dan Perang Padri (1233 H / 1816 H)
_____________________________________


Mesjid Raya Sri Alam Dunia Sipirok Mashalih, merupakan mesjid peninggalan
era perang Paderi pada Syawal 1233 H atau sekitar tahun 1816 M yang terletak di
Sipirok, sebuah kota sejuk yang sangat plural dan menjadi pintu masuk dua
agama ketanah batak, yaitu Islam dan Kristen lambang itu adalah Mesjid Raya
Sari Alam Dunia Sipirok Mashalih yang di bangun berdampingan nyaris satu
dinding dengan greja HKBP Sipirok tepat di persimpangan jantung kota Sipirok,
lambang kerukunan beragama paling menonjol di Dunia

______________________________

Pemerakarsa Berdirinya MSAD
______________________________

"Atas prakarsa Syekh Abdul Manan Siregar, para raja dan kaum syekh
masa itu pun bersatu membangun masjid yang megah dari bata dan
kayu berukuran sepelukan orang dewasa." kata Tempo Interkatif-
Medan lewat wartawannya.

Selanjutnya dikatakan mengenai bagunan awalnya,  "masjid ini tak
ubahnya musollah, dengan bangunan yang amat kecil. Berbahan papan
dengan model bangunan rumah panjang. Lantaran pemeluk Islam,
kala itu, terus meningkat, desakkan akan rumah ibadah makin
memaksa" lanjutnya.
_____________________________________________

Latar Belakang Didirikannya MSAD (....s/d 1926)
_____________________________________________

Para kawan, kalau saja saya menemukan sumber yang menyebutkan
secara jelas-jelas alasan mengapa MSAD didirikan di Bagasnagodang
maka saya akan mengutifnya, tapi sayang saya tidak menemukannya
karena itu utuk hal ini saya hanya memberikan pendapat pribadi
saya dari hasil menyimak macam situs dan dari cerita para orang
tua semasa di sipirok dulu.

Pada buku "Sejarah Perjumpaan Islam dan Kristen di Indonesia"
dikatakan, "Jumlah penganut agama islam yang masuk agama kristen
di Sipirok yang sebelumnya 10 % telah meningkat 20 % pada suatu
masa-pen"

Hal lainnya yang bersumber dari situs dikatan, "

Masjid Sri Alam Dunia menjadi simbol dari perlawanan atas
penjajahan Belanda yang juga melancarkan kristenisasi. Namun,
pertentangan antara pengelola Masjid Sri Alam Dunia dengan Belanda
tidak melibatkan masalah agama, karena pertentangan antar agama
Islam dan Kristen tidak pernah terjadi di kawasan ini.

Pertentangan itu hanya terjadi pada tingkat wacana, ketika Belanda
mendeskriditkan masyarakat penganut agama Islam dalam berbagai
dinamika kehidupan bermasyarakat, dan lebih memberi tempat kepada
masyarakat Kristen.

Dari kedua penyataan ditas, saya meyimpulkan tentang posisi ummat
islam pada masa ini : 1. Individu yang sebelumnya Islam menjadi
kristen 2. Islam perpendapat Belanda itu tidak hanya menjajah tapi
juga menyebarkan agama kristen

Adanya pendapat (asumsi/perorangan-pen) dengan keluarnya dari agama
islam dan masuk ke kristen maka in dividu yang bersangkutan akan
disukai oleh Belanda .

Hal lainnya yang perlu dicatat di tahun 1926 adalah awal dibentuknya
Nahdatul Ulama di Surabaya (31 Januari 1926), setelah terlebih dahulu
terbentuk SI, Muhamdiyah dan Persis.

Para  kawan...! Dengan demikian jelas, situasi dan kondisi pada masa
itulah yang menyebabkan perlunya didirikan MSAD tersebut guna  tetap
mempertahankan/mempersatukan/meningkatkan keimanan ummat islam itu
sendiri.
________________________________________________________

Tanggal, Bulan dan Tahun Berdirinya MSAD (1926 - 1933)
________________________________________________________

"Masjid Sri Alam Dunia di Kelurahan Bagas Nagodang, ....di era 1930-an
masjid ini menjadi pusat aktivitas politik para kiyai untuk menentang
kolonialisme Belanda yang berkedok penyebaran agama Kristen" kata
Budi Hatees

Hal yang lebih terperinci mengenai tanggal dimulai dan diresmikannya
MSAD ini dikatakan Hendra Pakpahan dalam  situs Dinul Islam, "Di sini
pula dibangun cikal-bakal mesjid pertama di Sipirok secara sederhana.
Mesjid bernama Mesjid Raya Sori Alam Dunia Sipirok Mashalih yang
pemugarannya dalam ujud yang sekarang dibangun sejak 16 Juli 1926 itu
secara resmi dimasuki pada 16 Juli 1933 dan masih dipergunakan hingga
sekarang.

Berdasarkan kedua uraian di atas, saya menyimpulkan, bahwa pembangunan
awal atau istilah sekarang peletakan batu pertama MSAD ini dilaksanakn
tanggal 16 Juli 19926 dan diresmikan tanggal 16 Juli 1933. Jadi masa
pembangunanya selama 7 tahun.
________________

Data Fisik MSAD
________________


- Luas bangunan 21m X 21m persegi
- 1 Menara/manaro dan  5 kubah
- 5 Pintu besar dan tinggi
- 8 Jendela ukuran besar
- Gong /doal dalam ukuran besar
- Berpilar beton tinggi di pintu utama
- Penyanggah kayu berukuran sepelukkan orang dewasa.











________________________________________________________

Berdirinya Masjida/Masjid Adaboru/Perempuan (1933 - Sekarang )
________________________________________________________

Para kawan...! Pada situs "Tempo Interkatif-Medan" dikatakan "Tersebutlah
Masjid Sri Alam Dunia Sipirok Mashalih sebagai rumah ibadah umat muslim
pertama di wilayah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara"

Selanjutnya dikatakan, "...Sipirok masih bersatu dengan lima desa di
antaranya Bagas Nagondang, Bagas Lumbang, Banjar Toba,
Pangurabaan dan Hutasuhut".

Mengacu pada pernyataan di atas kawan, secara logika tentunya MSAD
ini tidak mampu menampung para jemaahnya laki-laki dan perempuan
dengan data fisik seperti yang tertulis di atas. karena itu pula tentu perlu
jalan keluar.

Arman ketika diwawancarai Tempo Interaktif-Medan memperjelas,
"Untuk menampung para perempuan, dibangunkan masjid, disebut
Masjidah. Letaknya berada di seberang Masjid Sri Alam Dunia Sipirok Mashalih....masjidah hanya untuk perempuan. “Laki-laki dilarang masuk.
Harus permisi,” Di Masjidah, para perempuan di Kota Sipirok
melaksanakan salat secara berjamaah. “Imamnya ya perempuan,” tutur
Arman yang jadi nazir masjid pada saat di temui tempo kawan.

Selanjutnya dikatakan, "Arman tak ingat persis sejak kapan Masjidah
dibangun. “Itu dibangun untuk ibadah para perempuan. Karena di masjid
(Sri Alam) ini tidak cukup,” katanya. Hanya saja, lanjut Arman, larangan
itu tak berlaku saat Salat Idul Fitri dan Idul Adha. “Kalau lebaran,
salatnya di sini.”
_____________________

Kesimpulan dan saran
_____________________


Para kawan...! Demikian gambaran
singkat sejarah berdirinya MSAD
Sipirok dan tulisan ini sifatnya sebagai pemancing/stimuli bagi para kawan
yang suka melakukan perjalanan
histori sejarah Tapanuli.

Semoga kedepannya, MSAD ini
lebih maju lebih dapat meningkatkan
fungsinya sebagai tempat beribadah sekaligus sebagai sarana dalam
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan ummat muslim.

Selamat petang. Mohon info tambahan jika ada. Wassalam...!
________________________________________________________
Cat :
* Ayu Julliany, Warda Xlalu Xtiaa dan 5 orang lainnya menyukai ini.
* Sampai 16 Maret dilihat 97 kali (postingan di galeri MSAD) dan
di Macam Status Angkola 107 kali).
Cat  sumber :
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29108/1/Appendix.pdf
http://sosbud.kompasiana.com/2010/01/08/sipirok-kota-kecil-yang-melahirkan-orang-besar-50264.html

Friday, August 17, 2012

"ALBUM SUATU MASA QURBAN DI MSAD ('90-an)"






Kurban (bahasa Arab: قربان, translit. Qurban) yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sementara itu, ibadah kurban adalah salah satu ibadah pemeluk agama Islam, dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Zulhijah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (Iduladha), serta 11, 12, dan 13 (hari Tasyrik).


*Latar belakang historis

Dalam Al-Qur'an, terdapat dua peristiwa dilakukannya ritual kurban yakni oleh Qabil dan Habil (dua putra Nabi Adam), serta pada saat Nabi Ibrahim akan mengorbankan Nabi Isma'il atas perintah Allah.

*Habil dan Qabil



Kisah Habi dan Qabil dikisahkan pada Al-Qur'an:

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa". (Al Maaidah: 27)

*Ibrahim dan Ismail

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Allah memberi perintah melalui mimpi kepada Nabi Ibrahim untuk mempersembahkan Ismail. Mereka mematuhi perintah tersebut dan tepat saat Ismail akan disembelih, Allah menggantinya dengan domba. Berikut petikan Surah As-Saffat ayat 102–107 yang menceritakan hal tersebut.

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. 

Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (Ash Shaaffaat: 102-107)
____
Cat :
PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

Thursday, August 16, 2012

"ALBUM KUNJUNGAN BUPATI "



PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

"ALBUM KIAI DAN PARA ULAMA SE-TAPSEL"

ALBUM KIAI DAN PARA 
ULAMA 








*Kiai

Kiai atau Kyai (kadang-kadang juga ejaan arkaisnya Kijahi/Kyahi), merupakan istilah atau gelar dalam kebudayaan suku bangsa Jawa, untuk tokoh agama atau orang yang memimpin pondok pesantren. 

Istri seorang kyai atau pemuka pondok pesantren disebut nyai.Kedua gelar tersebut yang menyandang tidak hanya para tokoh terkemuka. Sudah menjadi kebiasaan bagi para bangsawan Jawa untuk memberikan gelar "kyai" dan "nyai" kepada benda-benda yang dianggap keramat. 

Istana-istana Jawa pada umumnya memiliki benda pusaka yang sangat dihormati layaknya orang yang sakti. Jenis bendanya bermacam-macam, termasuk senjata, alat musik, dan kereta kuda.

Secara etimologis, kata “kyai” dan “nyai” yang dikenal dalam bahasa Jawa saat ini adalah hasil evolusi dari dua istilah dalam bahasa Jawa Kuno, yakni bahasa orang Jawa semasa zaman Hindu-Buddha. “Kyai” dari kata “ki yayi”; “nyai” atau “nyi” dari kata “ni yayi”. Jika merujuk isi Kamus Jawa Kuna-Indonesia karya PJ Zoetmulder dan SO Robson, “ki” berarti gelar bagi laki-laki yang dihormati, sedangkan “yayi” berarti adik. Sebaliknya “ni”, khususnya jika merujuk penggunaan dalam bahasa Bali yang menyerap banyak pengaruh bahasa Jawa Kuno, merupakan sebutan bagi perempuan.

 Dengan demikian “ki yayi” dan “ni yayi” masing-masing secara bahasa Jawa Kuno berarti “adik laki-laki dan “adik perempuan”. Ini terutama merujuk kepada status terhormat sebagai kerabat raja.


*Ulama


Ulama (bahasa Arab: العلماء, har. 'orang-orang berilmu, para sarjana') merupakan orang-orang yang memiliki dan ahli dalam ilmu agama dan ilmu-ilmu umum lainnya yang berkaitan dengan kemaslahatan umat. Ibnu Jarir Ath-Thabari dalam kitabnya Jami’ul Bayan mengartikan ulama sebagai orang yang Allah SWT jadikan sebagai pemimpin umat manusia berkaitan dengan perkara hukum, ilmu, agama, dan dunia. 

Sedangkan menurut Ibnul Qayyim dalam I’lamu Muwaqqi’in, ulama itu ialah seorang pakar dalam hukum Islam, yang berhak berfatwa di tengah-tengah umat, yang menyibukkan diri dengan mempelajari hukum-hukum Islam dan menyimpulkannya, serta yang merumuskan kaidah-kaidah halal dan haram.

Di Indonesia, orang-orang yang disebut ulama ialah orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang agama terutama fiqih, serta orang yang memiliki integritas moral, akhlak yang baik, dan dekat/melebur dengan umat, utamanya masyarakat lapisan bawah. Dengan syarat di ataslah, seseorang baru “diakui” sebagai ‘alim oleh umatnya. 

Adapun orang yang hanya ahli dalam suatu bidang keilmuan lebih cenderung disebut sebagai intelektual atau cendekiawan muslim.
_____
Cat :
Wikipedia 
PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

"ALBUM KARTU LEBARAN 1433 H"




Lebaran (Jawa: ꦊꦧꦫꦤ, translit. berasal dari akar kata bahasa Jawa “Lěbar” yang berarti selesai atau sudah berlalunya bulan Ramadan)[1] adalah nama lain dari hari raya Idulfitri maupun Iduladha yang dirayakan setiap tahun atau setiap bulan Syawal setelah sebulan umat Muslim melaksanakan puasa di bulan Ramadan.
____
Cat :



PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net

"ALBUM TADARUSAN 1433 H, DI MSAD"









Istilah tadarus semakin populer di bulan Ramadan ini. kegiatan ini tak hanya dilakukan di masjid atau musala, tapi juga di rumah. Banyak muslimin yang membaca Al-Quran dari awal hingga khatam, tapi ada juga yang melanjutkan kebiasaan tadarus setelah salat fardu. Misalnya, setelah salat subuh membaca Surat Al-Waqiah, zuhur (Arrahman), ashar (Assajadah), magrib (Yaasiin dan Al Kahfi), dan isya (Almulk).

Istilah tadarus sebenarnya agak berbeda antara bentuk kegiatan dan makna bahasanya. Tadarus yang lazim dilakukan saat ini adalah berbentuk sebuah majelis di mana para pesertanya membaca Al-Quran bergantian. Satu orang membaca dan yang lain menyimak.

Sedangkan dari makna bahasa, tadarus berasal dari asal kata darosa-yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran. Lalu ketambahan huruf ta' di depannya sehingga menjadi tadaarosa-yatadaarosu, maka maknanya bertambah menjadi saling belajar atau mempelajari secara lebih mendalam.


Adapun kegiatan 'tadarusan' yang sering dijumpai, sepertinya nyaris tanpa pengkajian makna tiap ayat, yang ada hanya sekadar membaca saja. Terkadang benar dan tidaknya bacaan tidak terperhatikan karena tidak ada ustadz yang ahli di bidang membaca Al-Quran yang bertugas mentashih bacaan.

Bentuk tadarusan seperti itu lebih tepat menggunakan istilah tilawah wal istima'. Kata tilawah berarti membaca, dan kata istima' yang berarti mendengar.

MEMBACA = MENDENGAR

Kalau para peserta sudah fasih dan menguasai teknik membaca Al-Quran yang baik, maka tidak mengapa bila masing-masing membaca sendiri-sendiri. Kalaupun mau disima' (didengarkan) juga tidak mengapa. Karena membaca dan mendengar sama-sama mendatangkan pahala.

Allah SWT telah memerintahkan selain membaca, juga mendengarkan Al-Quran.

Apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. (QS. Al-A'roof: 204)

Namun apabila para peserta yang masih lemah bacaannya, sebaiknya mereka tidak dilepas membaca Al-Quran sendirian. Perlu ada ustadz yang membetulkan bacaannya. Sehingga yang perlu dilakukan bukan 'tadarusan', tetapi belajar membaca Al-Quran. Atau istilah yang sekarang populer adalah tahsin Al-Quran atau tahsin tilawah. Tahsin artinya membaguskan bacaan.

DI MASA NABI

Dari Ibnu Mas'ud ra berkata: "Adalah seorang dari kami jika telah mempelajari 10 ayat maka ia tidak menambahnya sampai ia mengetahui maknanya dan mengamalkannya." Hadis ini di-shahih-kan oleh Syaikh Ahmad Muhammad Syakir dalam tahqiq-nya atas tafsir At-Thabari (I/80).

Bahwa mereka yang menerima bacaan dari Nabi SAW (menceritakan) adalah mereka apabila mempelajari sepuluh ayat tidak pernah meninggalkannya (tidak menambahnya) sebelum mengaplikasikan apa yang dikandungnya, maka kami mempelajari ilmu Al-Quran dan amalnya sekaligus.

Semoga hari-hari di bulan Ramadan kita isi dengan tilawah, tahsin, dan tadarus Al-Quran. BISNIS.COM
_____
Cat :
PopCash.net PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net